Aspek Aspek Teknologi Komunikasi Data dan Suara


Hai kalian! kali ini saya akan menjelaskan Aspek Aspek Teknologi  Komunikasi Data dan Suara.


1 . Communication Channel.

     Yang pertama adalah jalur lintas data, yaitu


  • Simplex adalah komunikasi yang dilakukan secara satu arah, penerima hanya bisa sebagai penerima, dan pengirim hanya bisa sebagai pengirim. Contoh, TV, radio
  • Half Duplex komunikasi ini dapat dilakukan sebagai pengirim dan penerima, namun dilakukan secara bergantian. Contoh handy talky
  • Full Duplex yang terakhir adalah full duplex, komunikasi ini dilakukan secara dua arah, dapat menjadi pengirim dan penerima secara bersamaan tanpa harus bergantian. Contoh Handphone

2. Serial Communication

    Maksudnya adalah komunikasi harus dilakukan secara urut, harus lewat blok komunikasi



  • Sender atau pengirim, Dalam kumunikasi harus ada pihak sebagai pengirim
  • Transmisi atau media penyalur, Harus ada juga media transmisi untuk menyalurkan informasi
  •  Receiver atau penerima. Dalam berkomunikasi harus ada juga pihak sebagai penerima

3. Teknik Transmisi
    Ada dua cara dalam melakukan teknik transmisi, yaitu sebagai berikut

  • Asynschronous. adalah teknik yang tidak menggunakan kanal timing yang terpisah.
  • Synschronous. adalah teknik yang menggunakan kanal yang terpisah untuk transmisi data dan informasi waktu



1) Jelaskan Prinsip Kerja Komunikasi yang anda pahami!

Prinsip Kerja Komunikasi 

  • Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirimkan dari individu/perangkat satu ke perangkat lain.
  • Pesan/informasi tersebut selanjutnya dikonfersi kedalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di encode menjadi sinyal. Proses ini terjadi pada perangkat encoder.
  • Sinyal tersebut kemudian oleh transmitter dikirimkan/dipancarkan melalui media yang telah dipilih.
  • Dibutuhkan media transmisi (radio, optik, coaxial, tembaga) yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi.
  • Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima.Sinyal tersebut didecode kedalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah kedalam pesan/informasi asli agar dapat dibaca/didengar oleh perangkat penerima.

2) Menurut pemahaman anda apa yang dimaksud dengan komunikasi data dan komunikasi audio!

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas. Komunikasi data bisa terjadi jika ada pengirim, penerima, media transmisi data dan protokol.



Komunikasi Audio

komunikasi audio adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan. Media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.



Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.

Salah satu perangkat teknologi komunikasi audio yang akan dibahas adalah teknologi komunikasi pada telepon Kabel.

Telepon kabel adalah alat komunikasi yang membutuhkan kabel agar dapat berfungsi Telepon Seluler Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station).  BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringger, dan Receiver.

3) Tuliskan dan jelaskan secara singkat komponen-komponen penting yang menyusun system komunikasi data!

Komponen Komunikasi Data :
  • Pengirim, perangkat yang mengirimkan data
  • Penerima, perangkat yang menerima data
  • Data, informasi yang akan dikomunikasikan
  • Media pengiriman, media atau perantara yang digunakan untuk melakukan pengiriman data
  • Protokol, aturan-aturan yang berfungsi sebagai penyelaras hubungan.

4) Apa yang anda ketahui tentang modem?

Modem

Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.


Fungsi modem
  • Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya
  • Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
  • Melakukan modulasi serta demodulasi
  • Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data
  • Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal

5) Jelaskan yang dimaksud dengan :
a. front-end processor

Front-end Processor

Front-end Processor menangani lalu lintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.



Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpulkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.

Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor  relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel).

Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).

b. concentrator

Concentrator

Concentrator adalah komputer yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan-pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan-pesan tersebut siap dikirimkan secara serentak ke host. 



Hub atau Concentrator pada dasarnya adalah sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Ketika ada saru paket yang masuk ke saru port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yang sama dan semua komputer yang tersambuh di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

c. dan multiplexer

Multiplexer

Multiplexer adalah peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat dipakai untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak.


Multiplexer adalah suatu rangkaian elektronik digital yang sering disebut juga sebagai data selector. Multiplexer mempunyai multi input dan umumnya akan dipilih hanya salah satu input tersebut untuk dikeluarkan pada bagian output berdasarkan selektor data yang dipilih.

d. Kanal

Kanal

Pada komunikasi data, media transmisi sering dinyatakan dengan istilah rangkaian (circuit). Tergantung dari rangkiannya, suatu rangkaian dapat mengandung satu atau beberapa kanal. Kanal menyatakan sebuah lintasan satu arah untuk mentransmisikan data. 


Sebagai analogi, kanal dapat dibayangkan sebagai jalur-  jalur yang terdapat pada suatu jalan. Sebuah jalan bias mengandung lebih dari 1 jalur.  

Media transmisi yang hanya mengenal sebuah kanal dikenal dengan istilah jalur-sempit (baseband), sedangkan media transmisi yang terdiri atas beberapa kanal biasa disebut jalur lebar (broadband).

6) Tuliskan perbedaan Karakteristik Komunikasi Data Dengan Komunikasi Suara (Analog)!

Perbedaan Komunikasi Data dengan Komunikasi Suara (Analog)

Komunikasi Data

Komunikasi yang dilakukan biasanya jarak jauh dan secara tidak langsung.

Contoh teknologi komunikasi data yaitu :

Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik dengan mengunakan kabel-kabel tembaga dari jarak jauh. sinyal yang dikirimkan oleh telegraf merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan yang sering disebut juga dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya.

Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya, Mesin faks merupakan peralatan telekomunikiasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon, Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirimkan, kemudian mengirimkan dokumen tersebut ke nomor faks yang ingin dituju.

Komunikasi Suara

Komunikasi yang dilakukan biasanya jarak dekat atau jauh dan secara lisan atau langsung.

Contoh teknologi komunikasi suara yaitu :

Telephone, prinsip kerja telepon yaitu mikropon telepon menangkap gelombang dan mengubahnya menjadi fluktuasi arus listrik. Arus dikirim lewat nomor telepon yang kita tekan, energi listrik.

Comments

Popular posts from this blog

Konfigurasi Control Panel Ajenti pada Debian 9 Via VMware

Konfigurasi VoIP 2 Server Via Cisco Packet Tracer